Pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Kearsipan Nasional (JIKN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon

Pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, bertempat di Ruang Rapat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Jl. Sunan Kalijag No. 1 Sumber – Cirebon. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon telah melaksanakan pelatihan SIKN dan JIKN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 72 peserta tersebut secara umum dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai penyelenggaraan SIKN dan JIKN yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan kepada para Pengelola Arsip, khususnya para Arsiparis di unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Pelatihan SIKN dan JIKN dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, SUHARTONO, S.Sos, MM, yang mengharapkan bahwa melalui pelatihan tesebut para peserta akan memperoleh pemahaman mengenai kebijakan nasional SIKN dan JIKN, terwujudnya sinergi yang kuat di antara unit kerja dalam implementasi SIKN dan JIKN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebonb, serta pemahaman secara umum peran masing-masing peserta dalam penggunaan aplikasi SIKN yang akan diterapkan di unit kerjanya masing-masing.

Dalam Pelatihan tersebut, materi kebijakan Penyelenggaraan SIKN dan JIKN serta implementasi SIKN dan JIKN oleh simpul jaringan khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, SUHARTONO, S.Sos, MM. Sesi materi diakhiri dengan pengenalan aplikasi SIKN dan JIKN yang disampaikan oleh Narasumber.

Kegiatan Pelatihan SIKN dan JIKN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon ditutup oleh Kepala Bidang Pengembangan, FIFI ERNETI, S.Sos, yang berharap agar para peserta dapat memahami mengenai kebijakan penyelenggaraan SIKN dan JIKN, memahami mengenai peran mereka dalam implementasinya di unit kerja masing-masing serta melaksanakan implementasi tersebut dengan baik. Sebelum acara di tutup FIFI ERNETI, S.Sos juga mengenalkan sebuah aplikasi online yang nantinya akan digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, Aplikasi tersebut bernama Sistem Informafi Pengelolaan Arsip Daerah (SIPAD).

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*