Pendopo Ramah Anak Metode untuk untuk mendongkrak minat baca masyarakat sejak usia dini

Pendopo Ramah Anak adalah sebuah perpustakaan khusus bagi anak-anak yang dibangun di Rumah Dinas Bupati. Tujuan didirikannya Perpustakaan  ini ialah untuk mendongkrak minat baca masyarakat sejak usia dini. Karena menurut penelitian Connecticut State University bertajuk "World Most Literate Nations" itu dirilis pada 2016 lalu. Hasil itu menunjukkan minat baca masyarakat Indonesia masih sangat minim.

Upaya untuk menggenjot minat baca dapat dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti mengubah pola pembelajaran di sekolah.

Seperti halnya pendopo ramah anak ini selain anak-anak diajak untuk membaca diperpustakaan, anak-anak juga bisa bermain di halaman pendopo yang luas dan terdapat area taman bermain. Serta yang tak kalah serunya anak-anak juga diajak berkeliling ke kebun binatang mini yang ada di belakang Rumah Dinas Bupati tersebut.  

Dimana Pendopo Ramah Anak ini dibangun atas ide dari ‎Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E istri dari Bupati Cirebon DR. Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM, M.Si.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan membuat jadwal khusus dalam tiap minggunya untuk mengundang Sekolah -sekolah PAUD yang ada di seluruh Kabupaten Cirebon untuk mengunjungi Pendopo Ramah anak ini.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap hari Selasa sampai dengan Kamis, adapun isi acara seperti mendongeng, ajang kreativitas anak dan keliling kebun binatang mini.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>