Pembinaan dan Penataan Di Desa Sigong Kecamatan Lemahabang dalam rangka penilaian Program Terpadu P2WKSS

Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), diawali dengan pelaksanaan Crash Program Keluarga Sehat dari tanggal 22 Desember 1978 sampai dengan 21 April 1979, selanjutnya menjadi Program Terpadu P2WKSS pada tahun 1979. Untuk lebih memantapkan kembali pada tahun 2007, Program Terpadu P2WKSS telah di revitalisasi sesuai dengan kebutuhan daerah.

Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan, yang berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa/kelurahan, dengan perempuan sebagai penggeraknya. Kegiatan penilaian ini merupakan hasil dari pembinaan Tim Daerah dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan di suatu Desa/Kelurahan.

Penghargaan diberikan kepada kelompok pelaksana Program Terpadu P2WKSS di desa yang menurut penilaian Gubernur Propinsi yang bersangkutan paling berhasil di propinsi.

Kabupaten Cirebon sendiri yang terpilih mengikuti penilaian Program Terpadu P2WKSS yaitu Desa Sigong Kecamatan Lemahabang. Dalam komponen penilaian Program Terpadu 2WKSS terdapat komponen "Pemberantasan buta huruf dalam arti luas", dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mendukung penuh kegiatan ini sebagai wujud dari kepedulian dan tanggungjawab Dinas Kearsipan dan Perpustakaan untuk memberantas buta huruf di Kabupaten Cirebon. Peran serta Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon ialah membina dan menata perpustakaan yang ada di Desa Sigong agar bisa dianggap layak dan memilki nilai lebih. Selain membina serta menata buku-buku yang ada di perpustakaan Desa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten juga juga menata arsip-arsip desa serta membina dan mengarahakan tentang bagaimana cara menyimpan arsip dengan benar. Supaya mudah ditemukan kembali ketika dibutuhkan. (Edi.S)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>