Kunjungan ANRI di Kantor Kearsipan dan Dokumen Kab. Cirebon

Senin, (19/12/2016) Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon mendapat kunjungan dari Direktorat Layananan dan Pemanfaatan Arsip Nasional Republik Indonesia yang diketuai oleh Drs. Agus Santoso, M.Hum selaku Direktur Layananan dan Pemanfaatan Arsip Nasional Republik Indonesia. Tujuannya ialah untuk survei lokasi kegiatan pameran yang akan diselengggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia di Kabupaten Cirebon.

Kesempatan ini dipergunakan oleh Kepala Kantor Kearsipan dan Dokumen Kab. Cirebon H. Teguh Supriyadi, S.Sos untuk menimba ilmu tentang penerapan pelayanan kearsipan serta masukan dari Arsip Nasional Republik Indonesia untuk penerapan pelayanan kearsipan yang ada di Kantor Kearsipan dan Dokumen Kab. Cirebon.

Bertempat di aula Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon, Drs. Agus Santoso, M.Hum memberikan masukan untuk ruang pamer Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon beliau mengatakan layar monitor di ruang pamer sebaiknya ditampilkan film-film sejarah supaya ada suara-suara biar kelihatan ramai kalau ada tamu atau pengunjung yang datang, namun yang terpenting harus ada 1 atau 2 orang yang bisa menjelaskan tentang tayangan yang di tampilkan. Beliau juga menyinggung tentang kumpulan foto bupati dari masa ke masa yang ada di ruang pamer, meunurut beliau lebih baik di bukukan saja tapi harus ada ceritanya seperti profil masing-masing bupati bisa di bukukan menjadi naskah sumber arsip. Hal ini dilakukan untuk menggugah wawasan kita bagaimana menghormati tokoh nomor satu yang ada di daerah sebagai sebuah bentuk penghargaan kepada bupati. Kemudian beliau juga mengatakan tentang bagaimana cara kita mencoba menyebar luaskan informasi kearsipan kepada masyarakat, caranya berupa mengadakan pameran atau berkunjung, misal ke sekolah-sekolah. Kepada Kepala Kantor beliau menyarankan agar tidak hanya menunggu kunjungan dari sekolah-sekolah tetapi harus berkunjung langsung ke sekolah untuk menyampaikan tentang sejarah.

Kepala Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon H. Teguh Supriyadi, S.Sos mengatakan sangat berterima kasih atas masukan yang diberikan sehingga bisa membuka wawasan tentang layanan kearsipan, beliau berharap kedepan masukan-masukan ini bisa diterapkan di Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon sehingga layanan kearsipan di Kabupaten Cirebon bisa lebih baik lagi.

    

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>