Ada yang baru di Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon

Guna mempermudah dan mempercepat proses pencarian sebuah arsip, Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon telah membangun sistem aplikasi pelayanan kearsipan. Penerapan aplikasi pelayanan kearsipan ini dilakukan sebagai upaya menjawab tuntutan masyarakat terhadap perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi untuk mempercepat pelayanan, khususnya bidang kearsipan sehingga Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon dapat semakin mempercepat pelayanan terhadap para pemilik arsip dalam melakukan proses pencarian sekaligus dapat memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat umum dan kalangan pemilik arsip tentang kegiatan proses pencarian arsip secara cepat, mudah, akurat, dan transparan.

Prosesnya cukup mudah, ketika masyarakat pemilik arsip hendak mencari arsip kemudian datang ke Kantor Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon. Di dinding sebelah kiri di ruang tamu depan resepsionis terpampang layar monitor berukuran besar yang berisi Informasi Arsip yang akan di cari. Contohnya ketika ada masyarakat yang hendak mencari Arsip BPKB Kendaraan Dinas tinggal ketikan Nomor Polisinya maka secara otomatis BPKB itu akan muncul di layar monitor.

Namun saat ini penerapannya dilakukan secara bertahap karena masih banyaknya arsip yang masih dalam proses entry dan baru 4 item arsip yang sudah menggunakan Aplikasi ini yaitu Arsip BPKB Kendaraan Dinas, IMB, HO dan Sertifikat milik PEMDA. Dengan berjalannya waktu, sistem aplikasi ini akan terus dilakukan penyempurnaan sehingga nantinya aplikasi ini dapat diterapkan untuk seluruh arsip yang tersimpan di Kantor Kearsipan dan Dokumen Kabupaten Cirebon guna  meningkatan pelayanan.

 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>